PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI USIA PRA SEKOLAH

1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Anak adalah aset bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa dan negara kita, sehingga perlu dibina dan dikembangkan sejak dini.

Untuk mewujudkan  perkembangan yang optimal, anak membutuhkan dukungan dari semua pihak seperti orang tua, lingkungan masyarakat sekitarnya dan Negara. Hal ini sesuai dengan hak anak, sebagaimana diatur dalam UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Salah satu dari hak ini adalah bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dngan minat dan bakatnya.

Pola asuh orangtua yang tepat dapat mengembangkan bakat atau potensi anak, sebaliknya, jika orangtua salah mengasuh anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berperilaku buruk dan sulit diterima di lingkungannya.

Oleh karena itu, disusunlah makalah ini dengn harapan akan dapat membantu setiap kalangan yang membutuhkan informasi tentang pendidikan anak usia dini ( PAUD ).

1.2 Rumusan Masalah

Untuk mengetahui hal-hal yang akan dibahas dalam makalah ini, maka penyusun membuat rumusan masalah sebagai berikut.

  1. Apa definisi PAUD?

  2. Apa tujuan didirikannya PAUD?

  3. Apa manfaat PAUD bagi anak pra sekolah?

1.3 Tujuan Masalah

Untuk mengetahui tujuan dari rumusan masalah, maka diperlukannya sebuah tujuan masalah, antara lain.

  1. Untuk mengetahui secara detail apa definisi PAUD
  2. Untuk mengetahui tujuan didirikannya PAUD?

  3. Untuk mengetahui manfaat PAUD bagi anak pra sekolah?



2. Pembahasan

2.1 Definisi PAUD

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.( Matahari Educare 2009 ).

PAUD adalah pendidikan anak usia dini untuk usia anak 0-6 tahun bagian dari pendidikan pra-sekolah dan termasuk pendidikan non formal. Tetapi dalam PAUD sendiri dibagi menjadi PAUD formal yaitu Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Atfal (RA); dan PAUD non-formal yang terdiri dari Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), TPQ, Fullday School, dll ( Margono 2009 ).

PAUD terbagi menjadi dua yaitu: PAUD formal dan non formal, PAUD non formal baru berkembang dalam satu dekade terakhir, namun jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu. Perlu sinergi antara PAUD formal dan non formal. PAUD non formal tersebar dalam bentuk penitipan anak, kelompok bermain, dan PAUD sejenis. Kelompok bermain dapat diikuti anak mulai dari usia dua tahun. Sedangkan penitipan anak dan PAUD sejenis diikuti bayi. Satuan PAUD sejenis diantaranya berupa Bina Keluarga Balita, Taman Pendidikan Qur’an ( TPQ ), Dan sekolah minggu. ( Dipo Handoko 2009 ).

TPQ dan sekolah minggu adalah PAUD non formal yang dikembangkan oleh lembaga yang bernafaskan agama, jumlahnya tergolong banyak. Banyak orang tua melirik PAUD nonformal daripada formal, karena PAUD non formal lebih banyak pilihannya daripada PAUD formal.

2.2 Tujuan Didirikannya PAUD

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:

  • Tujuan utama untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
  • Tujuan penyerta untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.( Matahari educare 2009 ).

Sedangkan tujuan umum dan khusus didirikannya PAUD adalah.

Tujuan umum didirikannya PAUD.

Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya di masa depan, termasuk siap memasuki pendidikan dasar.

Tujuan khusus didirikannya PAUD.

  1. Mampu merangsang  perkembangan fisiknya, antara lain: menggunakan keterampilan gerak tubuh, melakukan ibadah, mengenal dan percaya kepada Tuhan YME dan mencintai sesama.

  2. Mampu merangsang perkembangan moral, antara lain: menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat dalam proses berpikir dan belajar.

  3. Mampu merangsang perkembangan kognitif, antara lain: berpikir logis, kritis, kreatif mengenal lingkungan alam, sosial, memberi alasan, berperan di masyarakat dan menghargai keragaman sosial budaya

  4. Mampu merangsang perkembangan sosial anak, antara lain: peka terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya  yang kreatif.

  5. Penigkatan kualitas kesehatan status gizi anak, melalui kegiatan PMT dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman orang tua tentang tumbuh kembang anak.

2.3 Manfaat PAUD bagi anak pra sekolah

Manfaat PAUD bagi anak pra sekolah adalah mereka yang belum berumur 6 tahun bisa bersekolah melalui PAUD ini, karena didalam PAUD itu seniri bukan hanya pendidikan formal yang diajarkan melainkan pendidikan non formal.

Pada dasarnya mengarahkan pendidikan kepada anak sebelum umur 6 tahun itu lebih baik, karena anak bisa merasakan kegiatan bersekolah meskipun belum mencapai umur. Misalkan, mereka bisa bermain dengan teman sebayanya dan pendidik pun akan mengarahkan ke arah permainan yang bermanfaat bagi si anak. Jadi, manfaat PAUD bagi anak pra sekolah, mereka bisa merasakan sekolah sebelum memasuki sekolah yang sebenarnya dan mempunyai bekal pendidikan yang telah di ajarkan di PAUD.

3. Penutup

3.1 Kesimpulan

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal dan informal.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu.

Tujuan utama untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
Tujuan penyerta untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Jadi, manfaat PAUD bagi anak pra sekolah, mereka bisa merasakan sekolah sebelum memasuki sekolah yang sebenarnya dan mempunyai bekal pendidikan yang telah di ajarkan di PAUD.

3.2 Saran

Arahkan anak-anak kita kepada pendidikan meskipun belum mencapai umur, kita bisa melatihnya dengan mengajaknya pergi ke sekolah non formal, agar mereka bisa belajar dan bermain sebelum memasuki dunia pendidikan yang selanjutnya.

DAFTAR RUJUKAN

Educare, Matahari. 2009. Definisi Pendidikan Anak Usia Dini, ( Online ),

( http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan Anak Usia Dini, di akses tanggal 21 Oktober 2009)

Margono. 11 Juni 2009. Jangan Remehkan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Kompas, hal.1

Handoko, Dipo. 2009. Ketika Musim PAUD non formal bersemi, ( Online ),

( http://wx.penapendidikan.com/ketika musim paud nonformal bersemi/ ), di akses tanggal 21 Oktober 2009 )

About these ads

~ oleh amaliafirdausia pada Desember 31, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: